Senin, 05 Mei 2008

Cerita diatas Lodaya

Akhirnya mudik juga, udah hampir 3 bulan ga mudik. Kputusan mudik emang mendadak, so beli tiketnya juga ndadak. Jam 6 sudah stand by di stasiun dg harapan bisa ambil tiket argo wilis yg berangkat jam 7 pagi. Ternyata udah abis dan yg masih sisa cuman tiket lodaya jam 8 pagi dan bisnis (bukannya sombong pengen eksekutif, habisnya trauma pernah plepeken di bisnis gara2 orang2 pada merokok sembarangan, kepal-kepul padahal disampingnya sesek ya cuek aja. Klo di ekse kan AC jadi klo mo ngerokok pada keluar ke sambungan kreta). Setelah merayu mbaknya yg jaga loket suruh cek ulang ternyata masih ada tiket ekse di Lodaya (kereta jurusan Bandung-Solo). Daripada nglangut cengoh di stasiun mending cari sarapan.

Jam stgh 8 udah sampe lagi di stasiun. 8 kurang seperempat masuk ke gerbong ekse 1. Kaget juga, kok gerbongnya serasa jadi bis wisatawan gini, ternyata gerbong ini dipakai serombongan turis dari Belanda (klo ga salah, denger2 model ngomongnya yg blekuthuk). Ada 2 rombongan yg satu ke arah Banjar dan satu lagi ke Yogya. Aku dapet tempat duduk di 13B, disamping kanan dan belakangku turis smua, untungnya jejeranku orang jawa.

Sebenernya males sih naek kreta siang, karena panas (tp dingin klo ada AC) trus susah tidur, tapi udah siap buku Umar Kayam buat mengisi perjalanan.

Turis di sampingku ngobrol sama sampingnya kayaknya sih girl friendnya dari kemesraan mreka, dari bahasa dan mimik muka mreka (habis ga ngerti ngomong apa) kayaknya mreka mengomentari ulah orang2 yg nyebrang rel lewat gerbong kreta. Memang inilah orang2 kita, even aku juga suka gitu, karena ga sabar nunggu kreta jalan dan males muterin kreta buat nyebrang rel, akhirnya lewat kreta saja, padahal bahaya. Malu banget waktu mreka ngomentarin para penyebrang kreta itu.

Kreta pun berangkat, setelah kenalan bentar ma jejeranku, then mulai sibuk baca buku Pak Umar Kayam. Aku denger sedikit keributan di kursi belakangku. Melirik sedikit, ternyata mereka para turis londo ini sibuk motret lewat jendela. Memang perjalanan Bandung Solo melewati pegunungan. Dan berkali kali aku mendengar ke-nggumunan mereka.....waktu kuliat keluar jendela terlihat pemandangan gunung yg sudah sering bahkan membosankan bagiku. Tapi sedikit sedikit mereka bilang WOWWWW.......trus photo. Hehehehe....akhirnya kututup buku bacaanku dan ikut menikmati pemandangan yg sudah biasa itu dengan mereka. Tak perhatiin memang pemandangannya indah tapi ga spektakuler yaa karena biasa itu. Bapak turis belakangku berkali-kali bilang "Sorry" karena dia terlalu bersemangat motretin lewat jendela di sampingku.

Tiap pemandangan ketutup bukit, mereka bilang "aaahhhh". Trus setelah lewat tempat terbuka lagi mereka bilang "Wooooowwww". Hehehehe lucu sekali kaya wisata alam pake kreta api. Trus si guide nya bilang "Like a surprise yah" hehehe iya memang kayak surprise..ketutup bukit trus pas njeblak terbuka....kliatan pemandangan indah..trus tiba2 ketutup lagi trus njeblak lagi. Pasangan turis di belakangku berkali kali juga bilang "What a great scenery, beautiful" dalam bhs blanda tapi, ya kira2 maksudnya gitu. Dan juga bilang "Wooooowwwwwww". Apalagi pas kreta di atas bukit dan lewat atas jurang, serentak turis satu gerbong bilang "Waaaaaaaa..........." kayak paduan suara. Turis yg disampingku juga ikut ikutan ribut "honey-honey look at that....waaaaa"

Tiba2 muncul rasa bangga sama negara ini, yg tadinya saya malu karena tingkah laku kita, tapi sekarang banggaaaa sekali. Ternyata memang bangsa ini indaaahhh sekali. Rasa sedih karena sikap bangsa dan bencana alam terus terusan, sejenak hilang dari kepala ini dan rasanya melihat alam di luar jendela itu banggaaaaa banget. Yeah bapak2, ibu2, mas2 dan mbak2 londo ... ini loh bangsaku, bangsa yg indah, beragam, hijau dan keindahan itu membuat bangsa ini akan selalu bertahan dalam goncangan apapun karena Bendera kita aja merah putih simple tapi maknanya kuat dan lambang negara kita burung Garuda ...hebat toh. :)

MERDEKA !!!

NB: Phita orang belanda nggumun tuh liat gunung, padahal kita nggumun ya liat negara mereka heheheheh piye ki...kok saling nggumun.

1 komentar:

pitha mengatakan...

wah kalo soal nggumunan, orang belanda emang #1!di negara ne sendiri aja suka katrok apalagi di Indo,hueheuheuhue.... tapi melihat dunia melalui sudut pandang orang Belanda cukup menyenangkan, karena mereka gampang kagum, jadinya gampang bersyukur (seandainya saja mereka lebih ber Tuhan...)