Jumat, 01 Februari 2013

- Bintal 2013 -




Akhirnya setelah kurang lebih 3 minggu berada di Dodik Bela Negara Cikole Lembang, saya pulang ke rumah. Saya di Dodik untuk acara Bintal (Pembinaan Mental dan Pengasuhan calon pegawai PT Telkom) salah satu tahap OS yang harus dilalui calon pegawai. Meskipun tinggal di barak (tapi bagus kok baraknya, kasurnya empuk) dan seminggu pertama tanpa alat komunikasi, jadi berkesan karena kembali ke komunikasi verbal face to face lagi, ngobrol malem, pinjem-pinjeman barang dari pinjam setrika, hair dryer, sisir, sampai jarum jahit terjadi, apalagi urusan kosmetik hehehe jgn tanya, karena saya termasuk yang minim kosmetik jadinya ya berbagi kosmetik dari bedak, minyak wangi, sampe eyeliner :) (belajar pake eyeliner di barak ... keren kan !! ). 

Disini makan sangat teratur dan saya sih merasa kok sering makan. Lauknya merakyat tapi sayang selama 3 minggu, jatah sambal cuman 1 kali makan saja. Kekurangan di barak adalah kamar mandinya,  tentu saja tidak ada pemanas air, jadi ya mandi air es brrrr dingin, tapi gapapa juga sih karena lama-lama juga terbiasa, yang ga terbiasa adalah airnya itu lho bercampur dengan tanah dan hewan malam yg suka berenang di bak, tiap hari jadi panen jerawat !!. Untung sudah laku jadi no problemo :D

Pengalaman paling menyenangkan adalah saat acara tutup mata trus jalan berkelompok dan berakhir di kolam kodok, walaupun pada saat kejadian sebal luar biasa akan bau kolam, tapi ternyata hari itu yg paling berkesan, karena itulah saat saya merasa berteman tanpa melihat, dilindungi oleh rasa percaya kepada teman, dan menyadari bahwa meski buta tetapi kalau bisa menikmatinya akan terasa indah. Artinya tinggal bagaimana saya meresapi kehidupan ini, apa yang diberikan ke saya harus bisa saya bawa ke arah positif, apabila dilawan dengan rasa tidak menerima pastinya akan menyebalkan, tapi apabila diterima dan mencoba bersahabat dengan keadaaan yang pada awalnya terasa "kurang" maka akan timbul rasa menyenangkan.

Pengalaman paling menegangkan adalah waktu Caraka Malam, cerita teman yang sudah melalui bintal, Caraka malam ini adalah kegiatan dimana peserta harus berjalan sendirian di kegelapan malam melalui hutan dan ada beberapa kejadian "menarik" di tengah jalan. Dag dig dug pas giliran saya jalan sendirian, setengah berlari malah alhasil jatuh atau terpeleset pun tak terhitung jumlahnya, yang jelas adrenalin meningkat drastis ... sakit pun tak terasa. Jujur saya seorang yang penakut dan traumatis, jadi kegiatan semacam ini menjadi hal yang sebisa mungkin dihindari. Tapi ternyata karena banyaknya peserta akhirnya di tengah hutan saya bertemu dengan teman-teman (senaaaaang luar biasa ga pake takut lagi) malah ber hahahaha hihihi ketika bercerita tentang pengalaman jatuh dan terpeleset.


Dan pengalaman paling tidak menyenangkan adalah kepergok tidur di kelas, entah kenapa kelas materi seperti ruang tidur bagi saya, sudah makan permen pun sanggup tertidur (bahkan di saat si permen masih nyantol di lidah!!!) dan ketika penyakit batuk dengan seenak udelnya menyebar di antara peserta lalu hinggap di badan saya, tambah tidurlah saya di kelas karena efek obat batuk.


Dan hari ini adalah hari di saat kami selesai bintal dan menerima pengumuman dimanakah tempat kami melanjutkan OS ini (job training). Dengan berat hati saya menyatakan bahwa saya "AKAN KEMBALI KE JAKARTA LAGI" at least untuk satu bulan kedepan, saya akan job training di Telkom Plasa Kalibata. Sedih tentu saja, saya tidak suka kota ini tapi seperti pengalaman menyenangkan tadi, saya harus mencoba bersahabat dengan kota besar ini, menikmatinya dan menerimanya. 


Doakan semoga saya berhasil melaluinya dengan lebih baik.


.:Happy Weekend:.

Tidak ada komentar: